Bulan Suci Ramadhan – Merupakan bulan yang di nantikan bagi semua umat muslim di dunia untuk melaksanakan sebagai mana yang di wajibkan seluruh umat muslim untuk melaksanakan Ibadah Puasa, namun tidak hanya itu Bulan Suci Ramdhan juga sangat di nannti dimana umat muslim yang ingin melaksanakan Ibadah  Suci Umroh ke Baitullah pada saat bulan Ramdhan tiba. Sebab Bulan Suci Ramdhan ini memiliki pahalanya sama dengan melaksanakan Ibadah Haji bersama Nabi. Sebagaimana ada hadist yang menjelaskan :

(Dari Ibnu Abbas RA, Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya : “ Umroh di Bulan Ramadhan pahalanya seperti haji “. (Hadist Riwayat. Bukhari dan Muslim).

Tidak hanya itu di dalam Bulan Ramdhan juga terdapat malam Lailatul Qodar. Lalu apa itu malam Lailatul Qodar ?

Pengertian Malam Lailatul Qodar

Umroh Lailatul Qodar, Malam 1000 Bulan

Umroh Lailatul Qodar, Malam 1000 Bulan

Yaitu malam ketetapan atau bisa di sebut dengan satu malam yang sangat terbaik yang hanya dapat terjadi pada bulan Puasa di Bulan Ramadhan, adapun di dalam Al-Quran di jelaskan bahwa :

“Lailatul Qadar merupakan malam yg lebih baik dari seribu bulan dan juga dibarengi dg diperingatinya sebagai malam diturunanya Al- Qur’an”. (Surat Al-Qadar ayat ke-97).

Sedangkan nama dari Lailatul Qadar itu sendiri di dalam pengertian Etimologi para pakar dan ahli menjelaskan bahwa penggunaan Qadar sebagai ketetapan yang dapat di lihat di dalam surat Ad-Dukhan Ayat 3-5 yang berbunyi “ Sesungguhnya kami telah telah menurunkan Al-Quran pada suatu malam dan sesungguh-Nya kamilah yang membari peringatan. Pada malam tersebut telah di jelaskan bahwa semua urusan yang penuh hikmah yaitu urusan yang besar di sisi kami.

>> Info Umroh Lampung <<

Malam Lailatul Qodar –  itu sendiri juga dapat di artikan sebagai malam yang pelimpahan dan juga keutamaan yang telah di janjikan oleh Allah SWT kepada hambanya selaku umat beragama islam yang di hendakinya, karena tidak semua umat Muslim yang mendapatkan atau mengalami suatu Keistimewaan Malam Lailatul Qodar. Dan hanya orang-orang yang di hendaki oleh Allah SWT untuk mendapatkan Indah nya Malam Lailatu Qadar di Bulan Suci Ramdhan.

Keistimewaan Malam Lailatul Qodar

Keistimewaan & Kelebihan Malam Lailatul Qodar ini seperti yang di telah di firmankan Oleh Allah SWT yang berbunyi kan :

” Sesungguhnya kami telah menurunkan Al – Qur’an di Hari Lailatul Qadar dan Kelebihan Malam Lailatul Qadar itu lebih baik dari pada seribu bulan. Pada malam tersebut di turunkan nya para malaikat dan malaikat Jibril dengan ijin Allah SWT membawa segala urusan (Surat Al-Qadar, Ayat : 1-5).

Sedangkan untuk keutaman nya di Malam Lailatul Qadar yaitu “di ampuni dosa-dosa bagi orang yang menghidupkan Malam Istimewa Lailatul Qadar. Sebuah hadist dari Abbu Hurairah yang berbunyikan :

“Barang siapa yg melaksanakan Shalat di Malam Lailatul Qodar karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah Swt maka Allah Swt akan mengampuni dosa – dosa dari mereka semua yg telah berlalu”.

Ciri-Ciri Adanya Malam Lailatul Qadar

Umroh Lailatul Qodar, Malam 1000 Bulan

Umroh Lailatul Qodar, Malam 1000 Bulan

Untuk bisa melihat kesaksian malam istimewa Malam Lailatul Qodar menurut sabda Nabi Muhammad SAW yaitu di malam yang cerah, tidak dingin pula tidak panas. Matahari pada hari tersebut bersinar dengan warna kemerahan lemah (Hadist Riwayat. Ibnu Khuzaimah) dan Sesungguhnya aku di perlihatkan Tanda-tanda dan Ciri munculnya Malam Lailatul Qodar, ia berada di antara sepuluh malam terakhir pada saat puasa di Bulan Suci Ramadhan. Dan malam tersebut cerah, tidaklah keluar setan hingga terbit nya fajar matahari (Hadist Riwayat. Ibnu Hibban).

Amalan Umroh di Malam Lailatul Qodar

Nabi Muhammad SAW telah memberikan keteladanan amalan-amalan yang di lakukan pada Malam Lailatul Qodar, yaitu :

  1. Setelah Jemaah melaksanakan serangkaian Ibadahn Umroh, kita dapat berdiam diri atau berii’tikaf di dalam Masjidil Haram. Atau pada saat keadaan masih di dalam Masjid Nabawi. Dengan memperbanyak dzikir dan membaca ayat-ayat Al-Qur’an. Diantara beberapaa surat yang dapat anda baca, yaitu : Ayat kursi, akhir surat Al-Baqarah, surat Al-Zalzalah, Al-Kafirun, surat Al-Ikhlas, dan surat yasin. Sebab semua ayat dan surat tersebut sudah memiliki fadhilah atau keutamaan yang sangat besar (tetapi bukan berarti anda tidak boleh membaca surat-surat Al-Quran yang lainnya).
  2. Memperbanyak membaca istigfar, tasbih, tahmid, tahlil dan Shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Juga berdoa untuk diri kita sendiri dan orang lain (seperti keluarga teman, bahkan orang yang sudah meninggal dunia). Doa yang di ajarkan oleh Nabi Muhammad SAW agar di baca pada saat Malam Lailatul Qodar adalah :

Dari Aisyah RA, beliau bertanya kepada Nabi Muhammad SAW : “Wahai Rasulullah, jika aku menjumpai satu malam merupakan Lailatul Qadar, apa yang harus aku ucapkan di malam itu? Beliau menjawab: Ucapkanlah: ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU ‘ANNII  (Ya Allah, sesungguhnya Engkau Dzat Yang Maha Pemaaf dan Pemurah maka maafkanlah diriku).” (HR. Ahmad, At-Turmudzi, Ibn Majah dan An-Nasai)”.

  1. Sebagian ulama telah menyebutkan :” Barang siapa sholat pada Malam Lailatul Qodar Sholat sunat 4 rakaat, setelah Al-Fatihah membaca surat At-Takatsur dan surat Al-Ikhlash 3 kali maka akan dimudahkan baginya sakratul maut, dan dihilangkan azab kubur, dan diberikan empat tiang dari nur yang masing-masing di atasnya ada seribu malaikat.” (Syeikh Daud al-Fathany, Jam`ul Fawaid hal 114).

Jadi salah satu amalan terbaik pada saat Malam Lailatul Qodar ialah dengan melakukan sholat sunnah baik tahajud, sholat hajat ataupun sholat tasbih.

Subhannallah banyak sekali keistimewaan Malam Lailatul Qodar. Jangan menunggu lebih  lama lagi untuk berangkat ke Tanah Suci dengan niat menunaikan Ibadah Suci Umroh Lailatul Qodar. Jangan sampai anda menyia-siakan waktu untuk menunaikan Ibadah Umroh di Bulan Suci Ramdhan,meskipun hanya sekali seumur hidup, anda jangan sampai melewatkan Malam Istimewa Lailatul Qodar, pada Bulan Suci Ramadhan ini, semua itu bisa anda raih apabila anda mengkitu Program pilihan Umroh Ramadhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *